HAI, 2020!

by - 11:27:00 PM


Menengok ke belakang seperti menengok pada kegagalan. Rasanya gak ada yang menarik di tahun 2019 kemarin. Belum ada hal yang bisa dibikin bangga buat keluarga. Belum ada yang bisa ditonjolin selain kemalasan. Ah, jadi ciut sendiri kan kalo liat emak – emak hebat yang punya anak masih kecil tapi bisa produktif. Bisa bikin sekitar terpana akibat ulahnya. Berdecak kagum. 

source pinterest
But well, sekali lagi jika diliat dari sudut pandang lain; aku harus banyak bersyukur. Kehidupanku yang flat – flat dengan dua anak ini pastilah dirindukan oleh sebagian wanita lain. Lagi – lagi aku harus bersyukur dibikin gini ama Allah. Nobody’s perfect anyway. N’ it’s really really right. Semua manusia pathetic pastilah menginginkan kehidupan lain selain kehidupan pribadinya itu. 

Lalu apa yang bakalan aku lakuin di tahun 2020 ini? Masih sama kayak tahun – tahun sebelumnya? Yah, namanya juga manusia. Selalu punya planning handal, tapi tetep aja yang di Atas punya kartu saktinya. Dia yang tau mana yang terbaik bagi umatnya. Jadi, kitanya tetep usaha n doa.

Well, walo gimanapun di tahun 2020 ini aku berusaha untuk produktif lagi seperti dulu. Setidaknya begadang dulu sedikit daripada ntar gak dapat me time yang tepat. Hahaha.

Rajin Nulis
Nulis disini sih bisa nulis apa aja. Bisa nulis blog atopun nulis (ngelanjutin) novel lagi. Supaya cepat kelar n cepat dikirimin ke penerbit. Actually, aku bukannya menyalahkan anak – anak karena gak bisa rajin nulis seperti biasanya. But damn! Aku harus akuin kalo ternyata nyisihin waktu untuk sendiri dengan anak toddler n bayi ini rasanya susah deh. Well, good for you yang punya pembantu atopun orang dekat yang bisa dihebohin ama urusan anak – anak. But fyi, ngurus anak itu lebih ribet n capek berkali – kali lipat daripada ngurusin ato bersihin rumah lho. Yah, mudah – mudahan aja kamu yang baca ini udah berkeluarga n punya buntut. Jadi tau lah rasanya.

Ini yang bikin semangat nulisku kadang pasang surut. Batreku harus terkuras habis ngurusin mereka dari pagi – pagi hingga malam. Jadi kalo pengen nulis udah gak ada niat lagi. Capek. Finally buka youtube n asyik cek notification. Ugh. That’s me. Aku sendiri pun rasanya sangat sangat sangat menyayangkan kebiasaan ini. Gadget udah membutakan mataku.

N’ kali ini pun aku memaksakan diri untuk typing on laptop kesayangan. Supaya semangat nulisku tetep ada plus supaya masih ingat gimana caranya nulis. Beneran. Terkadang aku lupa gimana caranya mulai. Beberapa kali aku harus hapus kalimat pertama n berakhir bingung trus males ngetik.

Rajin Baca
Katanya kalo pengen bisa nulis rajin – rajinlah membaca. Sebagian orang mungkin bisa aja curi – curi waktu buka buku, but me? Curi – curi waktuku pun cuman buat take a rest for a while n finally sambil gadget-an. Ugh.

Sebenarnya aku udah beli buku lagi sekaligus tiga awal – awal tahun kemaren. Kebetulan pas ada rejeki, jadilah langsung kalap. Yah, hitung – hitung hadiah ultah dari Popeye a.k.a Petapa Genit alias suami. N awal tahun ini baru bisa kelarin baca buku terakhir, Aroma Karsa-nya Dee Lestari. Luv it.
Dulu waktu pertama punya anak, membagi hobi ama kewajiban sebagai ibu rumah tangga itu super difficult. Bahkan sampe sekarang. Ditambah lagi dengan keaktifan abang spiderman. Mommy can’t take a rest. The real take a rest. Bukannya gak mensyukuri apa yang udah dikasih ama Tuhan lho. Let me curco sedikit keluh kesahku kan ya...

But honestly, I miss my me time. Maybe I need vacation. Hahaha.

Aku juga pengen bisa rajin baca Al Quran. Walopun cuman sekali tamat sih. But it’s ok. Suatu hari nanti pengen bisa beli alquran terjemahan yang rainbow itu. Tau sendiri kan emak – emak wanita itu paling gak tahan ama sesuatu yang cantik n imut. 

Sabar
Sebut aja ini semua adalah list resolusi di tahun 2020. Kata sabar dalam kamus hidupku selama jadi ibu erte emang bisa dibilang semu. Terutama menghadapin abang spiderman. Well, orang – orang di sekitar bisa aja dengan mudahnya bilang: namanya juga anak – anak. Hadapin aja, nikmatin aja setiap prosesnya. Tapi gak semudah itu, cuy. Good for them yang dititipin anak adem ayem sejahtera, tanpa plot twist. Tanpa harus teriak – teriak dulu barulah manut. Pake urat dulu barulah doi paham. Well, I know it’s not good for him actually. Tapi coba deh kalian jagain spiderman sehari doank. N aku salut kalo nanti kalian gak bakalan geleng – geleng kepala atopun menghela napas ketika ngeliat kelakuannya. Bayangin nenek kakek plus akung uti-nya pun semua angkat tangan lho. Gimana? Masih pengen bilang it’s ok jalanin aja.

Seseorang yang belum ngerasain berumah tangga n punya anak superrr akftif gak akan ngerti perasaanku. Jadi stop bilang aku gak sabaran dalam menghadapin anak – anak. Ato harus bilang aku bukanlah emak – emak panutan. Well, I am not indeed. But I am trying. At least sampe sekarang.
Aku bersyukur punya mereka di tengah hidupku. Ngewarnain hidupku yang banyak flatnya. Hahaha.

Thanks God.

Lebih Produktif
Apa sih kegiatan emak – emak yang full at home kerjaannya gak produktif? I think dari buka mata hingga pengen molor pun semua produktif deh. Bayangin aja harus bikin sarapan, mandiin anak, beres – beres rumah (walopun rumah jarang bersihnya sih. Tau sendiri kan punya anak kecil itu harus banyakin stok sabar. Sabar ketika mereka harus berantakin kasur yang udah ditata rapi, sabar ketika mereka hamburin semua mainan depan tv. Haha), masak sayur + air, ato kalo lagi males masak jadilah beli sayur masak. Itu pun harus keluar jalan sendiri lho. Si suami harus all the time mantau kerjaan depan laptop n handphone.

Yeah, tapi gak papa deh. Mungkin yang dibilang produktif itu menyiasati waktu agar gak terbuang sia – sia. Luangkan waktu untuk ngerjain hal – hal yang menguntungkan diri sendiri atopun keluarga. Di waktu senggang aja. Misalnya jangan biarin pakaian bersih numpuk luntang lantung gak dilipat. Hahaha. Well, kerjaan emak – emak yang paling males banget aku lakuin adalah ngelipat pakaian bersih. Kalopun ada waktu untuk ngerjain, aku lebih suka rebahan dulu benarin tulang – tulang yang mulai bengkok n keropos ini. Supaya punya tenaga lagi kalo menghadapin kerjaan rumah yang gak ada habisnya.

Ibu adalah guru pertama
Harus aku akuin bahwa setelah menikah hampir separuh pikiranku terbuka akan beberapa hal. Iya, separuh doank. Sisanya masih loading.

Menikah membuatku sadar bahwa mencari penghasilan di tengah perekonomian yang pasang surut ini lumayan bikin pusing. Pisah dari keluarga besar n mutusin untuk hidup di rumah sendiri itu gak semuanya mengenakkan. Aku udah ngerasain ketika kita gak bisa beli apa – apa mana tanggalan masih lumayan lama menuju gajihan. Udah ngalamin gimana rasanya dibeliin sembako ama mamak di tanggal tua. Hahaha. 

Untuk sekarang sih masih banyak cerita sedihnya. But we still stand together. Masih berharap hari esok bakalan lebih baik lagi dari sekarang. Walopun terkadang ada juga teman – teman yang candain dengan maksud canda tapi sebenarnya isinya serius. Yang kayak gini kurang demen.

N tahun ini si Abang Spiderman belum sekolah. Bukan karena gak ada dananya, tapi just like I said that menikah itu bikin pikiranku sedikit terbuka. Apalagi urusan duit. Susahnya orang tua kita dulu nyari penghasilan cuman supaya anak – anaknya makan enak. Tapi alhamdulillah di saat aku kecil dulu, si abah yang kebetulan seorang TNI-AD punya penghasilan yang lumayan. Itu pun ditambah punya aset tanah dimana – mana. Sekarang aja asetnya udah jadi kenangan. Hahaha.

Jadilah tahun ini si Abang Spiderman pending dulu skolahnya. Karena kita lebih milih doi masuk TK nol besar aja ketimbang nol kecil. Secara kan daftar ulang + perpisahan butuh dana lumayan beratus – ratus ribu. Lumayan buat masuk skolah SD ntar. Itu yang dijelasin tetanggaku kemarin. Kebetulan doi juga nyekolahin anaknya di usia lima tahun. Jadi aku harus kasih perhatian ekstra buat abang. Terutama pendidikan di rumah. Alhamdulillah juga sih si abang udah bisa nulis, berhitung plus nyebutin abjad satu – satu. Tinggal diasah aja lagi.

Emang bener sih. Ibu itu adalah guru pertama sebelum doi skolah.

Lanjut apply job
Actually, gak mudah emang mutusin untuk apply job lagi di Sribulancer kaya kemaren. Aku harus siap menghadapin dead line, klien minta revisi artikel n cepat. Sementara si abang suka teriak – teriak gak jelas sambil loncat kesana kemari, trus si ading masih minta nyenyen n diperhatiin. Salah – salah ntar si abang bisa dudukin ading lagi kayak kemarin. Sigh. Aku harus gimana, coba?*nangismanja
Aku udah berkali – kali buka job di Sribulancer. Website ternama yang udah bikin namaku dikenal. Udah bikin ATM-ku gak teriak – teriak kelaparan lagi. Hahaha. Tau sendirilah semenjak resign dari pekerjaan beberapa tahun silam ATM sengaja gak diisi. Kalopun diisi paling cuman berapa doank. Haha.

I miss my job actually. Kemaren waktu lagi banyak kerjaan artikel tidur pun bisa jam 3 subuh. karena baru kelar jam segitu. apalagi si Spiderman saat itu kayak biasa loncat sana sini. pengennya selalu ditemanin. jadilah kerjaan klien ditunda, n bisa ngerjain full setelah doi tidur. Entah itu tidur siang atopun malam. tapi aku lebih seneng malam sih. lebih panjang aja walopun harus motong jadwal istirahatku. sigh.

You May Also Like

0 comments

Leave a comment here n let's be friend :)
(follow for follow)