5 Rekomendasi Youtube Inspirasi agar Kamu Semakin Semangat Belajar

by - 9:46:00 AM

Lulus kuliah emang udah beberapa tahun lalu sih, tapi yang namanya belajar sampai kapanpun tetap harus dijalanin hingga kapanpun (malah kalo bisa sampe habis umur). Ilmu gak kenal tua atau muda, yang penting punya niat terus belajar n belajar. Mau menyempatkan diri untuk menyerap ilmu – ilmu baru yang sebelumnya kita gak tau. 
 

 
Belajar juga gak melulu masalah Matematika, Bahasa Inggris, IPA dsb, tapi juga bisa dengan mengenal orang – orang baru, guys. Mengetahui berbagai cerita n pengalaman dari mereka. Secara gak langsung kamu bisa belajar n mendapatkan ilmu baru lho. Walaupun dibilang cukup sepele, but it works! Apalagi teman baru kamu ternyata punya wawasan yang luas. Wuiih, cobalah untuk jangan malu – malu bertanya yakk, guys.

Tapi terkadang kalo rasa malas udah menggerogoti jiwa ini (halahhh) kerjaan apapun itu bakalan ditunda – tunda. Seperti halnya belajar. Susah emang dilakukan ama orang yang udah terbiasa menunda – nunda n punya penyakit akut (seperti halnya aku hahaha). Sekadar buka buku untuk baca barang semenit aja udah ngantuk, apalagi kalo selama berjam – jam. Ya, kan? Padahal, mendisiplinkan atau membiasakan diri untuk berkutat dengan buku, alat tulis dan laptop tidaklah merugikan waktu kamu lho, guys. Ini khusus bagi anak kuliahan ataupun anak sekolahan lho yakk. Kita yang hidup di kota yang punya listrik n jaringan internet ini harusnya bersyukur, guys. Coba aja bayangin mereka yang hidupnya serba kekurangan, sekolah aja pake baju biasa, sepatu pun gak ada. Bahkan sekolahnya juga beralaskan tanah. Kurang apalagi kita yang hidupnya (insha Allah) ini cukup? Terutama masalah pendidikan.

Nonton film selama berjam – jam aja kamu tahan, masa sekadar buka buku untuk nambah ilmu n pengetahuan aja kamu ogah – ogahan sih?

Jangan cepat merasa puas n bangga ketika kamu dapat nilai bagus, guys. Ini penting supaya ada motivasi agar kamu selalu bersemangat untuk terus belajar. Nah, berikut ini ada 5 rekomendasi youtube inspirasi agar kamu semakin semangat belajarnya. Sapa tau aja setelah ini kamu tergugah (sssehh) hatinya untuk buka buku (gak mulu nonton film drakor atau nonton film hollywood). Yuk, baca bentar!

Ruby Granger
Sapa bilang jadi kutu buku gak bisa keren? Contohnya aja si Ruby Granger ini. Lewat akun youtube-nya doi selalu membagikan kesehariannya yang kebanyakan disibukkan dengan belajar. Bahkan ada lho yang sampai 15 jam dalam sehari doi belajar agar dapat masuk ke universitas yang diidolakan. Nonton video ini selama beberapa belas menit ataupun lebih rasanya gak rugi kok, guys. Secara gak langsung kamu bisa meniru dari gaya belajar si Granger. Apalagi baru – baru ini doi telah memasuki dunia universitas, kehidupan berbeda sebagai mahasiswi tingkat pertama di video – videonya benar – benar menginspirasi kamu lho, guys.


Di beberapa videonya doi juga jelasin gimana langkah – langkah supaya belajar kamu lebih produktif lagi. Dari cara menghapal yang gak biasa hingga menulisnya di papan kecil. Ini bisa meningkatkan daya ingat kamu ketika nanti ada ulangan atau ujian, guys. Kebiasaan doi yang menghabiskan waktu kebanyakan di kamar demi belajar ini yang harus ditiru. Belum banyak anak – anak di tanah air yang mempunyai hobi membaca ataupun belajar. Sayangnya waktu mereka lebih banyak dihabiskan untuk bermain gadget (atau hang out bareng temen – temen). Well, walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa dari gadget lah kita mendapatkan ilmu – ilmu baru. Namun, kalo pemakaiannya lebih dari kadar yang biasa – biasa aja, otomatis bakal merusak waktu produktif kamu lho, guys. Jadi, jadwalkan kapan kamu harus berselancar di sosial media, dan kapan juga kamu harus mengakhirinya.

Lanjut.

Aku pribadi juga senang berlama – lama nonton akun youtube-nya. Hampir semua video yang dibagikan menurutku keren. Ini benar – benar memberikan motivasi pada diriku pribadi agar lebih banyak menyerap ilmu baru. Walaupun kuliah udah lulus beberapa tahun silam, tapi aku masih ada niat untuk belajar lagi lho, guys. Gak ada ruginya menambah ilmu meskipun itu sebesar biji kuaci, tapi kalo bermanfaat bagi kehidupan kamu mendatang gak ada salahnya, bukan? 

Jusuf
Cewek blesteran yang tinggal di Switzerland ini merupakan cewek tomboy yang suka tampil apa adanya. Kebiasaan sehari – hari yang dibagikan di akun youtube-nya pun sebagian banyak dihabiskan untuk belajar, work out n hang out bareng temen. Nah, yang kusuka dari Jusuf ini adalah ketika bersama temen – temen gak melulu dihabiskan untuk kongkow – kongkow gak jelas. Tapi juga bisa jalan – jalan ke perpustakaan, belajar bareng temen. More productive banget dah.

Kebiasaan menghabiskan waktu untuk sekadar membaca buku n latihan soal pun juga sering dilakoninya ketika di rumah. Beda dengan kutu buku lainnya yang di dalam kamar selalu menampilkan rak buku, tapi si doi malah bersih alias gak ada tumpukan buku. Cuman ada kasur lesehan, meja kecil n meja belajar (laptop n PC) plus lemari pakaian doank. Tapi doi teteepp belajarnya rutin, gak lagi pengen doank*jleb.


Video yang dibagikan juga gak melulu tentang belajar kok, guys. Jadi kamu gak bakalan boring deh ketika menontonnya hingga kelar. Sok atuh, diliat~

Jem
Kalo kamu cari yang lebih fresh lagi, coba deh pantengin yang satu ini. Cewek asia yang sibuk kuliah di New York sekarang ini banyak memposting kesehariannya tentang belajar. Gak hanya itu doi juga kadang membagikan tips – tips buat menghadapin ujian semester misalnya n’ gimana caranya supaya catatan kamu lebih bagus lagi. Catatan yang rapih ternyata bisa bikin semangat n bikin mood booster kamu naik ke level yang positif. Tul gak? Kalo udah begini, pas belajar pun jadi lebih konsen, karena gak sibuk bolak – balik nyari catatan yang ketinggalan. Akhirnya jadi pusing sendiri, tul gak?


Beda ama anak sekolahan Indonesia yang hampir semua menggunakan buku belajar biasa. Di negara tetangga mereka lebih banyak menggunakan binder sebagai mencatatat pelajaran. Tapi walau begitu, kamu juga bisa kok membuat buku catatan kamu lebih berwarna supaya tetap semangat ketika belajar. Coba aja nonton channel-nya Jem, sapa tau nemu inspirasi. Soalnya doi juga pintar dalam bullet journal n painting lho, guys.

Kay Kim Vibes
Pernah cari di instagram dengan keyword #study, belum? Kalo kamu adalah orang yang suka belajar n pengen tau gimana menulis catatan dengan bagus, kamu bakalan nemuin akun satu ini. Kay Kim Vibes yang merupakan Korean Student ini menampilkan sisi berbeda dari youtuber di atas. Mungkin lebih tepatnya beda tempat doi menempuh pendidikan (Korea). Well, tau sendiri kan Korea terkenal akan drakor-nya yang bisa bikin klepek – klepek? Nah, Kay juga suka membagikan kehidupan pribadinya sebagai mahasiswa di salah satu negara Kpop tersebut. Yang juga terkenal akan hobi belajarnya sampai tengah malam.


Mau bikin catatan lebih keren lagi? Bisa kok dengan menonton channel-nya si doi. Bahkan Kay yang sebelumnya mempunyai nama akun study with me ini juga memberikan tips gimana caranya membuat catatan lebih cepat n singkat. Dalam hal ini juga bisa lebih dimengerti ketika berhadapan dengan ujian semester nanti. Well, kamu nemuin akun yang tepat, guys.

Studytee
Nah, yang satu ini bener – bener beda dari youtuber di atas lho, guys. Kalo biasanya si youtuber akan memperlihatkan wajah ketika ngevideo, sedangkan studytee lebih banyak memperlihatkan catatan super cute doi lho. Studytee juga banyak mengoleksi stationary yang tentunya bikin catatan lebih berwarna, jadilah kamu akan gak boring. Bahkan di salah satu video-nya doi menjelaskan tentang kebiasaan simpel yang bener – bener produktif untuk mahasiswa ataupun siswa. Ini nih yang wajib kamu nonton sampe habis, guys.


Sapa tau ntar setelah menghabiskan waktu nonton drakor video inspirasi ini kamu bakalan semangat buka catatan; belajar. Sapa tau juga setelah ini kamu bakalan semangat ngejar – ngejar deadline skripsi yang akhir – akhir ini selalu ketunda gara – gara terlena dengan jadwal harian yang selalu kosong (pengen cepet - cepet dilamar kerja n ngurangin beban ortu gak?) . Well, semua channel yang aku bagikan ini patut kamu pantengin karena bisa nambah pengetahuan. Be more productive dari sekarang yuk, guys. Waktu cuman sebentar, jadi usahakan untuk mengisinya dengan sebaik mungkin.

It’s okay harus hang out bareng temen, nonton drakor n film hollywood favorit. Tapi ingat otak juga butuh asupan ilmu yang sampe kapanpun harus diisi lho. Gak harus berjam – jam, cobalah menghidupkan kebiasaan setiap sejam sekali ataupun beberapa belas menit melatih diri sendiri untuk menyelesaikan latihan soal (atau juga searching bahan skripsi).

But sekali lagi pendidikan yang tinggi di negara tertentu ternyata juga didukung oleh pemerintah setempat. Mereka banyak menyediakan tempat – tempat belajar kondusif yang bisa dihabiskan hingga 24 jam nonstop lho. Makanya kebanyakan dari mereka suka belajar diluar semacam perpustakaan n book cafe. Bahkan di Korea Selatan aja banyak siswanya menghabiskan waktu belajar hingga larut malam di perpustakaan ataupun sekolah. Ehh, serius lho sekolah mereka kadang buka sampe larut malam, apalagi kalo udah musim ujian. Wuiihh, banyak banget yang bawa selimut, cemilan, pasta gigi beserta sikat giginya ke sekolah. Well, ini merupakan kebiasaan mereka. Tapi sapa tau aja ntar pendidikan di Indonesia bisa lebih baik lagi. Setidaknya yang ada di pedalaman bisa ngerasain makan ilmu pengetahuan yang cukup n lebih. Aminnn.

Keep spirit yakk, guys!

You May Also Like

2 comments

Leave a comment here n let's be friend :)
(follow for follow)