STOP BASA BASI

by - 6:23:00 PM

 Assalamualaikum wr wb

Kebetulan cuaca di Batulicin lagi mendung. Padahal, harusnya bulan ini udah masuk musim kemarau panjang. Tapi tiba – tiba aja dua hari belakangan ini hujan mengguyur kota berdebu kami. Dibilang berdebu karna pepohonan udah mulai berkurang banget. Hehehe.

Well, mumpung aku lagi ada niat untuk posting update kehidupan beberapa bulan ini, yuk ahh kita ngobrol bentar.

udah pernah baca buku ini, belum? Keren lho!

Talking about Flexing

Ehh, udah tau kabar para pejabat suka flexing alias pamer, kan? Wahh, seru ya. Seru ngeliat mereka ujung – ujungnya dipecat dari kerjaan. Trus harta pun harus disita gara – gara gajih n jabatan gak sesuai. Ini nih kata anak muda jaman now the real happy di atas penderitaan orang. Haha.

Flexing di jaman medsos sekarang emang udah dinormalkan. Bahkan kalo misalnya kita dikasih hadiah dari seseorang, ucapan trimakasih di insta story atau stori wa udah merupakan peraturan gak tertulis. But honestly ngelakuin macam ginian di hidupku kaya malu aja gitu. Merasa gak pantes dipamerin pemberian orang, merasa bukan diriku kalo harus posting. Selalu ingat bahwa Allah emang benci ama manusia flexing. Walaupun niat kita hanya sekadar pengen bahagiain si pemberi, tapi percaya deh: flexing ato riya adalah sifat yang bisa menghanguskan pahala kita.

I did write about it last month. Go check ‘em, please.

As a human being aku juga gak luput lho dari dosa ini. Pamer kita lagi ngelakuin apa, pamer kita lagi temenan sama sapa aja, pamer kita mau kemana ato bahkan pamer kita lagi masak apa sekarang. Kecuali yang terakhir ya, aku gak sukak soalnya hahaha. Selama di hati kecil kita tebersit seuprit niat memperlihatkan ke khalayak ramai, maka bisa disimpulkan bahwa kata kerja tersebut merupakan sifat flexing alias riya. Well, tapi jangan ditelan mentah – mentah juga ya. Beda mah ama orang yang posting jualan ato ngajarin sesuatu. Kalian pasti bisa bedakan lah.

Nah, beberapa bulan terakhir ini aku merasa hectic banget dengan kehidupan. Alhamdulillah masih sehat n normal kok hhaha. Sebisa mungkin aku filter orang – orang yang sering flexing di akun medsosku. Aku pun berusaha untuk gak posting yang bisa bikin flexing. Baik itu cuman ngeliatin laptop n sudut favoritku di rumah. Biasanya sih suka gitu. Efek emak gabut hahaha.

Ngelihat status orang – orang sekitar kita kadang bisa nimbulin insecure pada kehidupan sendiri. Timbul perbandingan yang endingnya bikin gak bersyukur pada pemberian Allah SWT. Hal ini yang terjadi pada manusia jaman sekarang ternyata. Makanya sebisa mungkin aku jarang banget pasang status wa hanya untuk pembuktian. Aku pengen menjaga kewarasan diri supaya gak kufur nikmat. Tapi juga kadang malah penasaran dengan status orang – orang terdekat. Sebel ya hahaha. Orang Indonesia emang gak bisa lepas dari urusan kepo kehidupan sih.

Aku sih terserah mah ama orang – orang yang ngomong: gak usah ngurusin kehidupan orang lain deh. Mending di mute ato block sekalian biar gak lihat – lihat mulu. Yang penting aku waras n mentalku gak break. Kalo emang yang lain masih adem ayem dengan kehidupan sedikit – dikit bikin instastory ato status wa, itu hak kalian. Itu tanggung jawab kalian kelak. Titik.

Jangan Buka Kartu

Dulu aku adalah sepersekian orang yang kalo berantem bikin status. Ada masalah dikit, bikin status. Ada orang yang jengkelin, bikin status. Pengen nyindir orang, bikin status. Hahaha. Untungnya apa, coba? Bikin ngikik sendiri lho kalo diingat – ingat. Selain nambah dosa, ternyata kelakuan kita macam gini bikin kehidupan kita jadi gunjingan orang. Orang jadi tau pasangan kita gimana, keluarga kita gimana n kehidupan pribadi kita gimana. Dari sinilah muncul ain (kalo menurut sepahamanku ya).

Apa yang kita bagikan ke medsos, gak seratus persen orang – orang bakalan berdoa baik ke kita. Sebagian doank, sisanya ada yang ketawa kecil ato malah bersyukur. Apalagi kalo yang kita bagikan merupakan keuntungan di diri kita pribadi. Pasti ada aja orang – orang yang iri dengan apa yang kita dapatin. Ya, gak semua sih. Tapi pasti ada lah.

Nah, trus dari status yang kita bikin ternyata juga bisa bikin ain lho. Posting kebahagiaan dengan embel – embel “alhamdulillah”. Ehh, hal ini juga pernah disindir syech lho. Orang – orang bakalan kagum ato iri dengan apa yang kita miliki. Trus tiba – tiba qadarullah kita ketimpa musibah. Ya, yang gak mau percaya juga terserah mah. Yang penting kita saling mengingatkan yaa~

Ada lagi nih contoh faktanya: cewek emang gak bisa lepas dari foto selfie. Using filter is a must! Apalagi filternya bikin cantik. Yang udah cantik, semakin cantik donk. Trus dilihat orang banyak. Ehh, qadarullah wajah yang sebelumnya mulus tiba – tiba muncul jerawat dimana – mana. Susah hilangin. Well, terserah mah mau percaya ato kagak ya~

Tapi ingat Rassulullah SAW pernah bersabda bahwa penyebab kematian pada umatnya selain karena takdir Allah SWT adalah karena penyakit ain. Penyakit ain bermula dari pandangan mata yang kemudian menciptakan perasaan iri, dengki, hasad, dan takjub. Penyakit ini bisa berasal dari diri sendiri ato orang lain. Penyakit ain dapat berupa gangguan pada tubuh, namun bisa juga dalam bentuk kerugian ato bahaya.

Jadi, sebisa mungkin untuk jangan buka kartu kita. Cukup Allah n keluarga kita aja, yang lain gak usah.

Efek dari sangat jarang bikin status adalah aku merasa lebih nyaman dan lebih waras. Gak ada perbandingan yang endingnya gak bersyukur. Lalu aku juga berusaha untuk gak kepo urusan pribadi orang lain. Tapi gimana yaa, namanya juga kita hidup di jaman medsos udah meraja lela. Jadi orang – orang udah sangat leluasa membagikan kehidupan pribadi yang sekarang jadi konsumsi publik. Hhaha. Well, selalu istiqomah yaa~

Udahan ahh. Segitu doank ceritanya. Pengen lanjut kerjaan yang numpuk ini haha.

Assalamualaikum!

You May Also Like

0 comments

Leave a comment here n let's be friend :)
(follow for follow)