PERSONAL EXPERIENCE: Pernah jadi korban BULLYING!

by - 8:40:00 AM

 


Intermezzo

Iya, tau baru posting awal tahun gini. Semangat buat nulis udah mulai kendor di karenakan laptop jadul layar LCD nya ada garis putih. Maklum layar ini pun hasil kanibal dari laptop si dad. Sebelumnya sempat dijatuhin helm waktu asyik ngetik. Sapa lagi pelakunya kalo bukan si abang Spiderman. Doi asyik main helm n alhasil jatuh tepat di atas laptop. What a good day pokoknya! Si dad pun merelakan laptop kesayangannya dikanibalin demi laptop si istri. N taraaa hidup lagi walopun ada garis – garis kecil yang menghiasi pertama kali dihidupin. Sama kaya kerutan kalian yang udah meraja lela di sekitar mata akibat males pakai cream apapun. Kebanyakan ngejulid n kurang istighfar saeee. Hahaha.

Actually untuk memulai jadwal ngetik ini pun penuh perjuangan banget antara males n jadwal ngeles Bahasa Inggris. For your information aku kembali ngajar ngeles, walopun cuman dengan embel – embel sekadar membantu tetangga. I think it’s very usefull lah untuk tipe emak sejenis diriku ini. Membaca buku n menulis itu jadi bagian minoritas dari lembar hidupku sekarang. Bad news emang. Mungkin karena seharian dengar teriakan para superhero n kerjaan rumah yang gak ada habis – habisnya menjadikan free time ku lebih sering diisi dengan nonton channel youtube kesayangan daripada belajar, membaca buku ato melanjutkan draft novel. Bermain handphone sambil rebahan adalah kegiatan favorit banget di kala anak – anak tidur.

But now ketika mereka masih sibuk melek, satu diantaranya ngerecokin si emak, aku malah tetep nekat nulis. Well, kegiatan ini yang sebenarnya yang bener – bener aku rindukan. Dulu waktu masih kuliah setiap ada free time di kost selalu nulis di blog. Entah itu penting ato gak, kebanyakannya sih gak penting. Cuman sekadar melampiaskan kebiasaan nulis sejak SD. Tapi liat sendiri lah sekarang, blog kebanyakan sarang laba – labanya daripada sarang harta karun.

But anyway segitu doank basa – basinya. Aku cuman pengen share sedikit pengalaman menjadi korban buli. Iya, judulnya tepat kok, cuy. Gak ada kaitannya ama penjelasan sebelumnya.

Pernah jadi korban buli ato jadi pembuli gak?

Gak ada yang bagus dari dua – duanya sih. Jadi korban buli bener – bener gak enak. Bahkan juga jadi pembuli. Bakal diinget banget ama korban yang pernah dikata – katain, diejek – ejekin dsb. Hidupnya bakal gak tenang karena bakalan dicap sebagai orang yang gak bener. Tapi aku diposisi korban buli. Beneran.

Coba deh kita kenalan dulu apa arti dari kata buli. Menurut Bobo, bullying berarti perbuatan yang menyakiti secara fisik seperti mendorong, memukul dsb. Tapi bisa juga secara verbal dengan cara meledek, mengejek penampilan, menghina kemampuan, menjauhi seseorang, mengucilkan dsb. So, it’s called penindasan in Bahasa.

Bahkan di luar negeri sana kasus perbulian lebih parah lho. Mereka yang jadi korban perundungan harus bundir alias bunuh diri gara - gara gak tahan selalu mendapatkan perlakuan yang gak manusiawi malah. Seperti kasus Brendy Vela, cewek asal  Texas, AS, yang harus bundir gara - gara ulah temen - temennya yang tega naro foto dia di akun palsu Facebook. Disitu si pembuli mengajak orang - orang untuk mau having sex dengan Brendy.

But unfortunatelly cewek ini harus berakhir tragis dengan menodongkan sebuah pistol ke kepalanya di tahun 2016 silam. Namun sebelumnya dia sempat berpamitan dengan semua keluarganya. Of course it's too late karena waktu disamperin di kamar Brandy udah gak bernyawa.

See? it's so mean.

First time dibuli

Cerita lengkapnya aku lupa gimana. Cuman pertama kali dibuli itu waktu jaman – jaman SD. Masih ingusan. Percaya deh yang pernah ngerasain gimana pasti ya sakit banget. Bukan masalah perlakuan fisiknya, tapi lebih ke verbalnya sih. Difitnah n dikata – katain yang gak bener.

Sakit banget n pulang – pulang ke rumah nangis ngadu ke emak. Ya namanya juga emak yaa, pasti lah mereka gak terima anaknya dibuli. Secara kalo masalah anak, kan setiap emak sensitif yaa. Hehehe. Jadilah doi mencak – mencak nasihatin aku, trus malam itu juga (kebetulan kejadiannya sehabis ngaji malam) emak langsung meluncur ke TKP demi mencari pelaku pembuli. Saat itu juga mereka dimarahin ama si emak. Ahh, si emak alias neneknya superhero emang de best laah.

Padahal, temen sekolah juga. Mana deket rumah lagi. Tapi ya gitu namanya juga anak – anak, masih gak bisa membedakan mana yang bener n salah. So, setelah kejadian itu rasanya mereka gak pernah lagi ngebuli aku. Yang tukang buli juga berhenti sekolah dikarenakan badannya yang terlalu bongsor. Fyi di tahun 90 an anak SD yang punya bodi bongsor daripada yang lain kaya aib. Merasa malu karena beda ama temen – temen yang lain. Alhasil mereka lebih milih merit n putus sekolah. Beneran. Tapi pernah satu waktu ketemu ama doi yang notabene adalah pembuli. Tiba – tiba doi negur aku n baik lho. Aneh aja, kemaren – kemaren sering ngatain lha trus tobat jadi temenan. Walopun cuman sekadar say hi doank. I think it was good lah. Ada perubahan.

Pengalaman dibuli selanjutnya

Jadi anak junior high school ato SMP itu kaya makan permen nano – nano. Ada rasa asem manis tapi sayang gak ada pahitnya. Hahaha. But unfortunatelly disinilah aku sering banyak dapat perlakuan gak enak dari temen – temen sekelas, kadang juga dapat tatapan sinis dari kelas lain. Masalahnya aku gak pernah cerita ke ortu perihal ginian. Merasa udah remaja jadi gak perlu lah cerita – cerita gak penting kaya gini. Furthermore if you have a teenager or whatever just ask them about their daily life at school lah. Yang penting kita tau gimana kehidupan doi waktu di sekolah. Setidaknya doi merasa comfortable dengan lingkungannya. Setidaknya juga mereka gak dapat perlakuan perbulian. Bullying isn’t normal.

Di kelas aku sering banget diejek ato dicandain ama temen – temen cewek. Alasan mereka ngebuli aku karena mungkin kalah saing. Fyi dulu waktu di sekolah itu banyak banget adek tingkat khususnya yang cowok pada demen ama aku. Bukan sok sok banggain, tapi emang kenyataan. Hasekk. N bintang idola mereka juga seneng temenan ama aku. Saat itu ada temen cowok yang bisa dbilang cakep tapi minus kelakuan n mulut. Sayangnya walopun gitu temen – temen seangkatan pada tergila – gila. Doi juga pinter main basket. Tau lah anak – anak jaman dulu tuh paling demen ama yang anak basket. Aku juga anak basket kala itu, pernah jadi kaptennya malah. Tapi sayangnya waktu tanding antar sekolah tiba – tiba jatuh karena belum makan (gak keren banget jatuhnya karena laper yakk). Lha si idola deket ama aku donk karena sama – sama anak basket, jadilah hampir semua temen – temen cewek pada nyinyir n sinis.

Didempetin Kursi

Kejadian ini waktu masih kelas 3 SMP. Masih inget sampe sekarang. Suasana kelas saat itu kaya biasa, rame di istirahat siang. Kumpulan para pembuli yang sebenarnya kalah saing ama diriku ini (halah) ngambil posisi duduk di depanku. Dari SMP dan kuliah paling demen jadi anak belakang alias duduk paling belakang. Mungkin seneng lepas dari pengawasan guru kali. Tapi sayangnya malah yang duduk di belakang paling sering dipanggil buat selesain soal. Hahaha.

Nah, si ketua pembuli ini kaya biasa sibuk kasak kusuk nyari perhatian buat ngebuli aku. Aku ya cuman diem doank, karena saat itu gak tahu harus ngelawan gimana. Secara juga kalah jumlah. Mereka kan pake geng. Lha, aku cuman sendirian. Ya ada sih temen akrab cuman doi pun gak bisa ikut ngebelain. Tau lah, posisi ini sama kaya di film – film teneeger Amrik sono.

Tiba – tiba dari arah jendela seseorang ngelempar plastik bekas minuman yang isinya cuman es batu. Meluncurnya bener – bener kuat banget sampe kena kepala ketua si pembuli. Alhasil doi meringis kesakitan n sedikit mewek akibat lemparan tadi. Nah, mungkin saat itu yang jadi sasaran adalah aku. Kemungkinan mereka juga berharapnya aku yang kena. Tapi sayangnya doa mereka gak terkabul. Hahaha. Karma is bitch.

Yang bikin keki pun sebenarnya bukan cuman itu doank. Udah mau pulangan n ketika aku mau angkat kaki, si ketua geng dempetin kursiku donk. Supaya aku gak bisa keluar dari kursi ceritanya. Simpel tapi bikin korban bullying selalu ingat kapan pun lho. Walaupun kita udah maafin kelakuan mereka.

Jadi Bahan Olokkan

Okay. Aku akuin kalo aku paling lemah banget masalah matematika. Keluarga n suami pun hapal banget. Hahaha. Please, don’t judge me. Setiap disuruh maju selesain soal, aku pasti paling lambat. Endingnya selalu dibantu ama guru. Dicap kurang beruntung. Tapi anehnya kok temen – temen yang lain saat mereka santai gak bisa jawab soal, mereka malah becanda – canda ke temen lain sambil minta jawaban. Lha guehh? Introvert akut yang punya temen beberapa biji doank ini mau minta tolong ke siapa selain ke gurunya? Wkkk. Ahh, malu – maluin banget dah masa remajaku.

Pernah temen – temen cowok sekelas yang setelah aku gak bisa jawab soal di papan tulis itu pas istirahat ngolok – ngolok.

“Oldra gak bisa ngerjain matematikaaaa, gak bisaaaa~”

Bahkan mereka ngoloknya pun berlanjut lho saat pulang sekolah. Jadi, semua anak – anak sekolah pada ngeliatin mukaku seolah – olah aku adalah siswi paling goblok disitu. Wkk. Very ashamed. But part of dullness was yang ngolok juga ternyata lebih ancur daripada aku. Ta* banget, kan?

Bagi aku yang saat itu sering dibuli pengen banget segera keluar dari sekolah. Pengen banget loncat kelas ke SMA, tapi sayang aku goblok matematika. Wkk.

Teacher said that I was stupid

Suatu waktu juga di kelas satu SMA guru matematika bilangin aku belum pinter dihadapan temen – temen sekelas. Wow. Beliau emang terkenal tegas n serem kalo ngasih soal matematika. Tapi juga terkenal pilih kasih sih. Yeah, tau sendiri kan kalo anak pinter yang sering jadi anak emas mereka. Haha. Kalo lagi selesain soal pasti yang dipanggil si anak pinter. Tapi ada baiknya juga sih. Gak bikin para siswa goblok semacam diriku ini pusing – pusing mikirin jawabannya. Tinggal copy paste doank, done. Hahaha.

But teacher’s words tadi bikin aku jadi terpuruk banget. Mikir kalo aku adalah siswi paling stupid di kelas. Merasa paling gak ada apa – apanya. Merasa paling rendah banget. Beneran. Menurutku gak seharusnya sih teacher ngomong begituan di depan kelas. Istilahnya menjatuhkan harga diri seorang siswi donk. Menurutku juga kalo pengen kasih nasihat seharusnya beliau panggil aku ke kantor n ngomong baik – baik. Everything bakalan aku denger tanpa bikin sakit hati. Apalagi kalo nasihatinnya sambil ngebakso. Haha. Intinya gak bikin malu.

Bullying at work

Jangan kamu kira perbulianku disitu doank. Setelah punya anak satu n keterima lewat jalur dalem perbulian ini masih berlanjut. Haha. I don’t know ini bisa dibilang perbulian ato gak, cuman saat itu aku merasa kaya gak nyaman aja berada di lingkungan situ.

Ceritanya aku masuk kerja berkat paman adalah orang terpandang di daerahku. Beliau punya jabatan menyakinkan lah. N merupakan sepupu beberapa kali dari si kakek Spiderman. Fyi boss di tempat kerjaku juga sebenarnya masih keluargaan. Tapi semua cerita ini kusimpen rapat – rapat. Di kantor gak ada yang tau kalo aku ada ikatan keluarga ama si boss. Bener – bener rapat.

Jadi yang keterima dari kerjaan ini sebenarnya adalah tekhnik sipil, tapi aku malah sarjana kependidikan. Wkk. Jauh banget donk. Alhasil karyawan yang sebelumnya udah lama kerja disitu gak terima. Jaman – jaman aku kerja itu banyak banget kisah para karyawan honor muda yang sering kena buli di kantor. Alasannya mereka gak terima dengan kami yang notabene gak ada pengalaman sama sekali n bukan sarjana yang mereka idam – idamkan. Tapi salah satu temen ada yang berani ngejawab. Itu bukan kesalahan kami donk, tanyakan ke bagian atas yang menempatkan kami di kantor. Tapi sebagian banyak juga ada yang nerima doank kehidupan kantor yang gak nyaman, sering dianggap gak ada.

Pernah satu waktu di kantor lagi ada aku, karyawan tetap n si acil yang sering beberes n bersih. Si karyawan ini tiba – tiba ditelpon kalo gak salah. Si penelpon yang kira – kira penasaran nanya doi ama sapa di kantor. Lha doi jawablah dengan sotoynya: berdua doank. Woy, lu lupa ama bodi gue yang setebal papan ulin ini? Kagak keliatan apa? Dengan percaya dirinya doi tetep jawab kalo doi cuman berdua doank. Si acil pun merasa salah tingkah dengan kelakuan si karyawan n cuman silent.

Ini bisa disimpulkan perlakuan perbulian donk ya. Soalnya dianggap gak ada n sering banget gak dianggep. Pernah juga nih waktu aku mau ngumpul laporan bulanan ke atasan, salah satu karyawan tetap mereka ngecek dulu sebagai prosedur supaya bisa dikoreksi ato bahkan direvisi sekalian kalo ada kata – kata yang kurang mengenakkan. Ehh, ternyata gue begok donk merasa belum pernah kerja sebelumnya n menjabarkan asli kelakuan para karyawan gimana – gimana. Soalnya yang tukang koreksi ini yang jadi tukang kerjain semua tugas. Merangkap lah.

Doi gak terima donk. Jadilah pergulatan lidah saat itu yang sebenarnya aku lebih banyak diem. Obviously doi mencecar dengan berbagai pernyataan n pertanyaan yang makin bikin aku tersudut. So akhirnya doi laporin tulisan ini ke boss. Kita pun ke rumah si boss karena si bawel ini minta. Disitulah doi nyerocos ke boss yang notabene emang ada garis keluargaaan ama aku. Cuman aku diem doank, setelahnya aku jelasin lah. Si boss santai gitu sambil nyengir. Si bawel aja yang terlau grasak grusuk takut kenapa – kenapa. Padahal, laporan yang aku bikin ini gak pernah dibaca donk ama atasan. Cuman sebagai formalitas doank. Hahaha. Doi nya yang baperan. Tapi disitu aku gak pernah cerita apa ikatanku ama si boss.

Sampai pada akhirnya aku resign karena emang permintaan suami. Saat itu juga di kerjaan aku udah mulai akrab ama karyawan lain. Walopun kadang candaannya bikin gregetan. Hahah. Setelah beberapa lama aku check out, eh salah satu dari mereka nelpon aku pas kebetulan ada yang ditanyain masalah kerjaan. Aku lupa gimana saat itu, cuman dari kesimpulan yang aku tangkep doi pengen menegaskan kalo aku ini ternyata adalah keluarga si boss. But unfortunately aku pura – pura gak denger. Yeah, ngeles sambil ketawa lah. Finally karena doi agak sedikit sebel akhirnya mutusin udahan telponannya. Hahaha. But I got u, dude.

Well, I think gak perlu lah aku umbarin sapa diriku sebenarnya saat itu. Bagiku masuk di kerjaan yang notabene masuk lewat dalam ini bukan suatu prestasi yang musti diumbarin ke media *eeyyaaa. Lagian juga mereka gak ada yang nanya, so I think it doesn’t matter lahh.

Jangan DIAM

But pesanku buat orang tua atopun sodara, tante, paman dsb diluar sana adalah coba untuk selalu asking about your kids daily activity at school or office. I think it’s matter lah. Setidaknya doi gak dapet perbulian semacam diriku. N also kalian bisa aware dengan perubahan perilaku kesayangan kalian di kemudian hari. Karena udah banyak kasus bunuh diri gara – gara perbulian di sekolah ato kantor. Jangan dikira orang yang udah dewasa gak bisa mendapatkan perlakuan gak mengenakan lho. You can look at me! Perbulian itu bisa terjadi pada sapa pun, dimana pun. Parahnya lagi si pelaku pembuli bisa aja suatu saat bakal merenggut nyawa kesayangan kalian. Please, jangan diam.

N jika kalian menemukan kasus seperti ini cobalah untuk merangkul mereka, n langsung laporin ke pihak yang lebih berkompeten untuk menangani kejadian ini. For example kepala sekolah, jadi doi bisa langsung laporin kasus gini n manggil orang tua si pembuli. Right? N kalo ternyata perbulian semakin menjadi – jadi you have to move on to another school. Jangan biarin berlarut – larut kejadian macam gini, guys. Kalian gak mau ngeliat anak – anak, adik, ponakan dsb jadi murung n gak hepi lagi, kan? So take a decision.

Selalu Tanya

Jangan sampe anak - anak, ponakan, adik dsb menjadi pelaku ato bahkan korban perbulian. It's big problem. Kita gak pengen mereka dapet perlakuan gak mengenakan ato melukai temen - temennya, kan? So, cobalah untuk selalu tanya keseharian mereka, temenan ama siapa, gimana perlakuan doi ke temen - temennya ato sebaliknya, n make sure mereka gak bikin sesuatu yang negatif ato dapat perlakuan negatif. That's it. Iya, kegiatan sehari kita sebagai orang tua aja udah bikin capek, tapi dengan nanyain keseharian mereka beberapa menit aja kita udah sedikit mengetahui seluk beluk cerita mereka di luar jangkauan kita lho.

Aku aja sebagai orang tua para Superhero menolak aksi perbulian di sekolah ato di tempat kerja. That's not normal. 

Terkadang yang tau seluk beluk kelakuan asli kesayangan kita adalah temen - temen mereka. Perih emang, tapi kenyataannya begitu. Orang tua kebanyakan berpendapat bahwa mereka lah yang paling ngerti n tau gimana sifat anak - anak mereka, jadi ketika ada orang yang komen negatif tentang mereka kita sebagai orang tua menolak untuk terima. Merasa gak percaya, karna waktu di rumah sifat n kelakuan anak mereka gak seperti yang diceritain temen - temennya. Hal ini juga yang ditulis oleh penulis SDavincii yang menyatakan bahwa sebenarnya tempat tinggal yang jauh adalah senyaman - nyamannya  tempat tinggal karna  bisa melakukan segala hal tanpa gangguan n bisa melakukan semuanya yang dimau. Kadang berada di rumah tidak bisa menjadi diri sendiri sebenar - benarnya, karna yang sebenarnya adalah kita yang tinggal jauh dari orang tua.

Yuk, selalu sisihkan waktu untuk selalu tanya keseharian mereka at school n at work. Semua tindakan ini adalah bentuk perhatian n sayang kita untuk mereka. 

You May Also Like

2 comments

  1. hello there! i am sorry to hear that :(( gila sih parah banget guru aja ikut ngebuli. semoga kamu baik - baik aja ya sekarang, ambil hikmah nya ajaaaaaaa. semangaaat !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. thankyou! alhamdulillah sampe sekarang baik - baik aja. Mudah2an keluarga kita gak jadi korban perundungan yaaaa aminnnnn

      tengyuuu udh berkunjuuungg *bighugdarijauhh

      Delete

Leave a comment here n let's be friend :)
(follow for follow)