Jadi Wanita Karier atau Ibu Rumah Tangga?

by - 10:11:00 PM



Diantara dua pilihan adalah sesuatu yang sulit banget. Kamu harus benar – benar pilih satu yang nantinya gak bisa dibalikin lagi. Apalagi kalo udah berhubungan dengan masa depan. Ya, dengan title seperti sekarang emang menjadi sesuatu yang bisa dibanggakan. Di saat banyak anak – anak muda yang berusaha untuk mengejar impian demi sebuah title. But me? Ya, I have it one. Tapi setelah pergulatan yang panjang. Setelah membaca beberapa artikel mengenai orang – orang sukses, ya I want it too. Be one of them. Pilihan yang mengantar seorang vlogger dunia semacam Michelle Phan mampu berdiri seperti sekarang ini. Pilihan yang mampu mengantar Mark Zuckerberg menjadi orang berpengaruh di dunia karena bisa membawa perubahan yang benar – benar drastis. 

Siapa yang gak pengen kaya gitu, coba? Semua pengen kali yak. Cuman bedanya mereka berani mencoba sesuatu yang baru tanpa harus takut resiko yang bakal diterima nantinya. Anyway, aku udah punya modal berani mencoba, cuman satu hal yang sampe sekarang masih bikin aku maju mundur untuk melangkah. Yupp, takut nerima tanggapan dari orang – orang sekitar. Especially ma big fam. Yah, namanya juga orang berusaha n pengen berubah trus pengen mencapai kesuksesan yang besar. Jadi harus nerima baik itu tanggapan positif atau negatif dari mereka.

So, dari hati yang paling dalam sih pengen jadi ibu erte (baca : ibu rumah tangga). Bisa ngurus anak n suami. Bisa masak sambil jagain anak. Bisa cucian sambil masak atau bisa jagain anak sambil online. Ahh, kok ngiler yaaa. Jadi pengennn....

Lagian, aku stay di rumah gak full jaga anak n ngurus suami. Aspirasi terkuat yang pengen banget aku laksanakan hingga sekarang adalah jadi seorang novelis atau penulis ternama. Yaah, gak tinggi – tinggi banget kok. Cukup kayak Bu JK Rowling juga udah cukup #asekkk. In addition, aku juga tau kemampuan nulisku sampai mana. Gak bisa sehebat atau bahkan melebihi mereka (ahh, jadi pesimis kannn).

Profesi yang Menjanjikan?
Beg* kalo misalnya aku bilang profesi ini adalah sebuah profesi yang tidak menjanjikan. Udah banyak bukti yang sebenarnya gak perlu aku jelasin lagi disini. Obviously, Asma Nadia, Raditya Dika, Tere Liye dan penulis lainnya yang udah bisa meraup kesuksesan sekarang ini. Bohong kalo aku atau bahkan kamu, guys, gak tergiur duit ngalir ke rekening cuman modal laptop, teh, kopi, wifi dan inspirasi. Semua pengen jadi penulis yang berkualitas. Macam mereka lah.

Awalnya emank sulit untuk dilakukan, tapi kalo tiap hari belajar untuk mengembangkan tulisan pasti dah bakal bagus. Honestly, semenjak kuliah di Samarinda kemaren (5 tahun lebih lamanya nempatin Samarinda) hobi aku yang sering nyiptain fantasi yang a little bit awesome udah mulai terkikis. Ini gara – gara punya kesibukan di dunia baru sebagai seorang maba alias mahasiswa baru di Universitas Mulawarman. Selama bertahun – tahun gak pernah mikir untuk ngembangin ide – ide cerpen ataupun cerbung kayak di jaman SMA dulu. Syedih juga sih... nyesel kenapa dulu gak sering diasah supaya lebih kreatif lagi nulisnya n fantasinya lebih main *halah.

Langkah Awal
Setelah searching n mulai merasa bosan dengan tahun – tahun yang begitu aja (mungkin bisa dibilang flat lah). Finally, aku nemuin sebuah situs yang menjanjikan. Dimana aku bisa nyalurkan hobi sekarang dengan nulis artikel buat orang tertentu. Coba – coba n akhirnya mulai ketagihan gara – gara pernah ngerasain duit jadi penulis artikel. But the problem is you have to ready anytime. Pasalnya terkadang under the pressure juga pernah aku alamin sebagai penulis artikel sebuah situs tertentu. But it’s normal. Namanya juga ngerjain artikel orang kan yak, trus juga dibayar.

Nah, kalo menurut aku pribadi sih langkah awal ini yang perlu dikembangin supaya bisa menjaring berbagai macam orang. Sapa tau salah satu dari mereka adalah penerbit buku yang lagi nyari penulis. Makanya aku pengen ngenalin namaku dulu di kancah dunia kepenulisan. Biar mereka familiar ama namaku *hidih. 

Tanggapan Big Fam?
Sulit rasanya ngejelasin supaya mereka ngerti kalo profesi penulis bukan profesi yang gak nguntungin. Justru kalo jadi penulis itu honor yang didapat bisa lebih dari mereka yang kerja nyata di kantoran. Yaa, namanya juga manusia. Beda – beda pemikirannya. Ada yang bilang kalo kerja nyata seperti di kantoran atau lapangan lebih bonafit trus statusnya juga lebih keren kalo dibandingkan mereka yang kerjanya cuman pantengin laptop tiap hari. Padahal, kalo kita survey ternyata kerja yang gak nyata alias online ini yang bikin rekening gendut lho.

Ahh, tetepp aja masih ada yang belum ngerti. Syedih adek baang...*usapusaptangansapatauadayangkasihduit.  Seandainya isi otak ini bisa ditransfer layaknya transfer duit, udah pasti kutransfer biar mereka ngerti kalo jadi penulis itu gak buang tenaga n waktu. Ditambah lagi duit juga ngalir terus (kalo emank rejeki lho yak). 

Support Suami (Popeye)
Ahh, si mas ini dari dulu juga sering support. Jaman – jaman masih LDR-an selalu ngasih support n duit *lho. Keputusanku untuk jadi penulis aktif pun doi dukung penuh. Kadang doi juga mencak – mencak karena aku yang males – malesan nulis.  Doi yang sering ngingetin kalo cita – citaku yang paling utama adalah bahagiain ortu n big fams dengan jadi penulis ternama. Bukan manusia namanya kalo sifat malas masih menguasai hampir 99,999999%. Lebay sih emang. Cuman ini benar adanya kok. Padahal, Tuhan pun sangat benci banget sama orang yang pemalas.

Wanita itu emang selalu mendapatkan predikat ANEH. Ini menurut aku lho ya. Sudah banyak bukti yang mengatakan bahwa wanita itu sulit banget ditebak. Jam segini bilang maunya itu, sekian detik kemudian langsung pengennya yang ini. Butuh kekuatan mental buat menghadapi sifat keANEHan ini, guys. Begitu juga aku. Bilangnya ke suami kalo aku mulai lupa atau males cepat – cepat ingatin supaya gak amnesia atau apalah. Tapi sekali diperingatin malah akunya yang ngedumel. Ahh, wanita itu emang sulit diterka. Rasanya pengen disambelin aja biar rasanya semakin enak. Mungkin itu kata hati setiap cowok kali ya. Hahaha.

Apa Aja yang Udah Dilakuin?
So far, masih ngedit – ngedit hasil ketikan suami. Just for information, si suami menawarkan diri untuk ngetik – ngetikkin naskah novelku buat ntar dikirim ke penerbit. Baru juga chapter ke 13 dari 30 lebih. Ceritanya emang panjang tapi sesuai dengan plot yang ditulis lho. Percaya deh (promosi nih maksudnya *bisik2). Rasanya pengen banget selesain novelku secepatnya biar bisa dikirim. Cuman (bukan malas lagi lho ya) karena aku masih kerja di kantor jadi semuanya harus ketunda untuk sementara. Apalagi kerjaan di kantor (yang sebenarnya santai ini) bikin gak enak hati untuk ngangkut novelku trus ngetik – ngetik ria disana. Bakal bikin atasan melotot trus aku bakalan dinyinyirin. Gak deh!
tidurnya bertiga ama daddy n Popeye
Keputusan buat ngetik di rumah pun harus ke tunda lagi karena si Ngkoh yang masih aktif – aktinya ini memaksa aku buat trus jagain doi. Soalnya kalo gak dijagain tu bocah bisa hinggap sana sini. Tiba – tiba ntar udah nangkring di atas meja depan tv, atau tiba – tiba duduk di atas kasur sambil nyomot pulpen. Pernah tu bocah nemuin jarum pentul dan langsung ngemut ujungnya yang bulat itu ke mulut. Aku langsung kaget n mencak – mencak gak karuan. Seriously, kalo kamu bisa bertahan ngehadapin si Ngkoh tanpa teriak aja dalam beberapa menit, bakal aku masakin ayam rica – rica dah. Soalnya kalo jagain tu bocah bener – bener butuh kesabaran yang gak ada habisnya. Tapi ya namanya juga anak kecil ya. Baru tanggal 5 Oktober kemarin doi ultah yang ke 2 tahun. 

Ntar lah aku posting selanjutnya tentang si Spiderman ini. Mata udah mulai kriyip – kriyip kayak lampu tembok yang udah mau mati akibat minyaknya sakaratul. 

Good night.

You May Also Like

0 comments

Leave a comment here n let's be friend :)
(follow for follow)