Couple

by - 7:18:00 AM


Seperti yang kita tau bahwa hidup di dunia ini apa2 serba berpasangan. Mengutip kata2 emak : Kadada ikam klo kadada mamak abah. Begitu juga dengan kamu. Kamu gak bakalan ada klo gak ada cinta antara ibu dan bapak kamu. Yahh, kayak malam juga yang gak bisa hidup klo gak ada siang. Trus gak ada bulan klo gak ada bintang. Matahari juga gitu. Kurang? Yahh, selalu ada sedih diantara senang. Nahh, lumayan cukup kan? Istilahnya kayak aku dan Popeye lahh..:p
Sebenarnya sih Cuman pengen mengenang momen2 yang sampe sekarang masih berbekas di hati. Lebaran udah lewat beberapa minggu. Otomatis momen2 yang gembira donk yakk.. tapi ada aja secuil ato bahkan segumpal kesedihan di dalam warna-warni suatu keluarga. Yepp, tepat setelah tiga hari lebaran Idul Fitri, tanggal 13 Agustus 2013, Angah (kakak kedua dari emak aku) harus berpulang ke rahmatullah. Tentu aja keluarga kami kaget bukan main donk. Keluarga2 besar lainnya juga baru sedikit yang tau. Aku aja yang saat itu asik duduk santai sambil telponan ama Popeye (yang ngeluhin jaringan kadang timbul kadang ilang) *teteppdonkyakkk* di ruang tengah rumahku kaget ketika tetangga sebelah ngabarin berita duka ini. Lho? Kok tetangga? Habisnya nope emak aku ditelpon gak bisa gara2 jaringannya susaaahhh (berapahh sihh harga jaringan sekarang? Wong sekilo mungkin sepuluh ribu doank. Mana klo habis pipis baunya nyengat banget lagiii...*GUBRAK*).
Angah aku emank udah sakit2an. Kabar terakhir yang aku dengar adalah emank udah agak berat. Emak aku juga udah rencana pergi ke pulau Kotabaru (Kalimantan Selatan) beberapa hari lagi. Tapi ternyata kabar duka udah duluan manggil. Sebelumnya emak aku juga udah sering maaf2an ama Angah klo jenguk beliau di rumah Hilir. Yahh, mereka sering ngobrol bersama klo ketemu. Saat2 dimana Angah masih hidup...

Ada sisi positif dan negatif di tanggal 13 Agustus itu. Klo yang negatif sih udah jelas kita semua kehilangan Angah. Apalagi emak aku yang begitu dekat ama almarhum. Beliau aja nelpon sodara2 malam itu sambil nangis2. Tapi ada hal positif juga. Eits, jangan asal ngejudge aja donk yakk.. Positifnya semua keluarga kumpul bersama. Aku yang alhamdulillah masih hidup, napas, n’masih bisa eek *apasehhh* akhirnya bisa juga nginjak tanah kelahiranku sendiri setelah absent beberapa tahun gara2 keluarga belum ada rejeki buat pulkam kesono. Yahh, walopun cuman berjarak satu jam klo naek kapal fery. Tapi moneynya itu lhoooo. Expensive, boo.. Apalagi klo naek kapal speed yang satu orang harus bayar seratus ribu. Wachaoooo..
Tapi sekali lagi alhamdulillah akhirnya ada jalannya juga. Kebetulan ada keluarga juga yang nganter kesana. Ka Amin adalah sodara sepupu aku. Jadi beliau yang berbaek hati nganter jemput kita2 yang super gedong ini ke Kotabaru. So pasti dempet2an donk yakk..But it’s Ok lahh. Demi Angah..
Perjalanan menuju ke Hilir, rumah Angah, lumayan jauh. Aku aja yang kena korban dempet sempat mabuk darat gara2 jalanannya super hancur. Biasaaa, bupati lupa diri akibatnya kaya gini nihh. Masyarakat pengen nikmatin perjalanan, eeh harus bertempur dempur demi gelombang aspal yang rusak2. Ck. Kami mampir dulu ke rumah almarhum nini yang sekarang di tempatin oleh paman n’acilku di perikanan ato lebih tepatnya di depan SD Melati, Gg Wiramartas (bener gak yakk?) yang sekarang jauh berbeda waktu aku masih kecil dulu. Ini karena kejadian kebakaran beberapa tahun yang lalu. Aku, abah n’ Aji si ponakanku anak dari Ka Nurul terbantai di lantai, rebahan karena mabok darat. Hehehe.. beberapa saat di sana akhirnya langsung cap cus ke rumah Angah. Wuiiih, ternyata banyak banget orang2nya. Yang banyak sih bukan orang lain, melainkan keluarga sendiri. Yepp, kita emank dari keluarga besar. Bener2 besar dahh. Rumah Angahku yang emank kebetulan juga super besar dipenuhi keluarga. Sebenarnya sih banyak orang2 yang aku gak tau ternyata keluarga dekat. N’ternyata juga para tetuaannya juga pada gak tau klo aku adalah anak dari emak aku. Setelah diomongin, eeh langsung pada kaget semua. Oooohh, sekalinya Dijah (nama emak aku) ada lagi bisi anak paling halus lahh.. Jjjiiaaahh, yak iya laa yakkk..soalnya waktu aku diboyong ke Batulicin masih balita banget. Of course mereka pada gak tau. Hahahaha *tawameringis*
Aku yang hobby foto2 selalu jepret sana sini. Makasih yakk ayank udah pinjamin camdignya..*ciumpipikanankiri*. Alhamdulillah dah pokoknya klo punya ayank ne.. Insya Allah yakk, syank..:*
Angah bini


Waktu mau diangkat ke keranda

Suasana dapur penuh ama keluarga besarku



Kanan: k'dedet, acil Ijun, Ndut @Dina n' acil Iyah


Aku n' acil Iyah @adik bungsu emakku





Suasana belakang rumah angah yg disewain buat ubur2
Aji 

♥♥♥
                Sekali lagi selaluuuu adaaa aja kabar duka di antara kabar bahagia. Ada yang datang dan ada yang pergi. Tanggal 18 Agustus kemaren rame2nya ngerayain pesta pernikahan antara ka Anti n’ Agus yang dilangsungkan di pal 2, Batulicin. Sekedar informasi bahwa ka Anti adalah kakak kandung dari ayankku tercinta. Aku n’ Popeye yang dibeliin baju batik couple harus jaga tamu di depan. Kenalin, bininya Fery, cil ae..*nyodorintangankanansambilngelemparkerudung* Hasekk.

paling kanan si Popeye, kasian
Aku lagi bantuin ibu dan2 malam akad nikah @lailatul Qadar

Ouch! culun banget yakk :D
Bener2 kaya ibu2 aja :D @akad nikah
Mertua
Ryan n'aku
Tepat jam satu siang setelah aku n’ Popeye beberapa kali berdiri gak digubris orang buat salaman *kasian* akhirnya kabar bahwa nini (nenek) dari ayankku, kumat sakitnya. Parah malah. Waktu aku lihat beliau dibopong buat dimasukan ke dalam mobil, bibir yang biasanya pucat tiba2 jadi putih kayak dikapurin. Kabar yang kudengar bahwa nini udah ngeluarin busa di mulutnya. Astagfirullah.. aku langsung ditarik Popeye buat nemanin doi ke RS Husada Tanah Bumbu yang nauzhubillah jauh banget. Heran deh, ngapaen sih bupati jauh2 bikin RS? Yang ada juga ntar korban langsung ko’it gara2 nahan jauhnya perjalanan. Kenapa gak bikin RS di tengah kota, coba? Biar masyarakat enak klo mau berobat. Trus biar enak ngelariin orang sakit. Yahh, walopun biaya RS super mahal katanya. Ditambah lagi kantor2 pusat kok malah jauh2 juga di Gunung Tinggi sih? HERAN. Salah nargetin nih bupati. Harusnya gak usah kesono. Skalian aja ke Tanah Abang. Biar PUAS. Klo ntar aku jadi orang penting nih di Tanah Bumbu, mau bikin RS deket permukiman dah. Trus kantor2nya juga. Biar gak susah buat kesono. Ck *jeritanhatimasyarakatterlantar* Yang aku denger sih dibikin jauh2 disitu karena pengen deketin Kota Pagatan. Soalnya waktu jaman2 dulu bupati gembar gembor nyaleg, warga Pagatan banyak yang dukung. Ck. Gak adil.
Ok. Lanjut. Aku yang tadinya gak pengen ikut jadi gak enak juga. Si Popeye bersikeras pengen aku ikut. Bukannya apa sih..aku gak tahan klo naek mobil, ciiiinn.. pengen muntahhhh..:( untungnya cuman pusing doank. Mana cuaca panas amir lagi. Tapi alhamdulillah panas, soalnya klo hujan kasian yang punya hajat donk yakk..
Aku sih gak tau penyakit nini apa. Cuman pas dokter yang kayak Cina tuh nanya ke aku, aku langsung melongo. Gak tau. Cepet2 aku berlari nyariin si Popeye. Doi sibuk registrasi n’ akhirnya bulek (adik ibu si Popeye) yang masuk ke dalam ruangan. Aku yang asik nonton Popeye nulis akhirnya tau gimana tulisan doi. Selama ini doi gak mau klo aku suruh nulis di buku diary kesayanganku. Alasannya cuman dua: gak tau apa yang harus ditulis n’ tulisannya kalah saing ama aku. Ck. Tapi jujur, tulisannya bagus kok buat seukuran cowok. Ditambah lagi tanda tangannya, ciiiinn.. Gak tahhaaann. Cool. Aku jadi mikir ndiri: tanda tangan aku aja gak sebagus itu kok. Ntar pengen ganti lagi aaaahh..
Ternyata RS Husada Tanah Bumbu gede juga yakk. Tapi sayang banyak fasilitas yang masih kurang. Aku yang tadinya pengen pipis, ditahan2 aja setelah ngelihat toilet yang kotor + airnya campur tanah. Alamaaaaakkkk, yang ada juga setelah pulang ntar malah masuk RS niiiih. Hhmmm..sekarang aku tau siasat mereka. Ternyata mereka sengaja bikin kotor supaya kami2 sakit n’ akhirnya berobat kesana..*manggut2sambilmegangdagu*
Aku dan keluarga lainnya sibuk mondar-mandir nyari kamar yang dituju. Lha, dimana tooh? Kami2 yang bawa barang buat perlengkapan nginep di RS gaya orang linglung. Ada yang nyuruh lewat sono, ada yang nyuruh lewat sini. Ups, asal jangan lewat kamar mayat aja yakk.. Atut.. Akhirnya nemu juga. Langsung aja aku masukin pampers ke lemari kecil. Menyibak horden yang agak nutupin masuknya udara. Lalu ikut duduk di samping si Popeye yang kelihatannya kecapekan. Kasian..doi belum ada tidur nyenyak semenjak persiapan pernikahan kakaknya. Jam setengah sembilan pagi acara pernikahan pun doi masih sibuk bantuin orang2 dapur. Beli isi ulang air galon. Aku yang ngelihatnya jadi kasian banget. Padahal doi belum ada mandi lhoo. Gak papa, yank.. Yang penting ikhlas..
Tanggal 20 Agustus 2013, 19.18 pm aku meluncur ke rumah bulek. Nini parah. Aku yang baru datang duduk di pinggir pintu kamar. Kulihat ayankku sedang bacakan yasin. Pada saat itu juga aku menyadari betapa pentingnya Fery buat aku (lagi serius nih. Jangan diganggu yakk..). Apa2 doi yang bantu. Apa2 doi yang ngelakuin, kayak ngangkat nini ke kasur luar. Katanya sih bapak n’ pak le pun gak sanggup, tapi si Popeye sanggup. Hhhh..jadi semakin sadar. Betapa pentingnya peran doi di keluarganya n’ betapa pentingnya doi buat hidupku. Klo masih sadar kayak gini (klo gak marah2) aku sangat menyadari berartinya, pentingnya, sayangnya doi buatku. Tapi klo udah marah2...hehehehe..gak usah diomongin deh. Malu. N’aku yang gak bisa ngapa2in cuman bisa panjatkan doa aja sambil bacain fatihah empat buat nini. Mudah2an nini cepet sembuh. Amiiiinn..
Diperjalanan pulang pada saat doi nganter aku naek motor, aku bisikin kalimat sakral ke doi.
Mudah2an pilihan ulun tepat. Itu kalimat yang aku ucapkan di telinga doi waktu di jalan menuju rumahku.
Tepat dalam arti semuanya. Gak materi doank kok. Selalu adanya doi buat keluarga, doi juga bisa diharapkan de el el. Itu yang bikin hatiku yakin. Insya Allah..
♥♥♥
21 Agustus 2013, Rabu. Akhirnya nini menghembuskan nafas terakhirnya. Yahh, aku tau kok klo ne gak bakalan lama. Semua bakalan terjadi. Apapun yang gak mungkin bakalan mungkin bagi Dia. Sore habis ashar aku yang diantar Aji, ponakanku, datang ke rumah bulek. Saat itu semua orang sibuk. Suasananya hening. Aku udah ngelihat tirai yang membentang membatasi tubuh nini yang dibersihi oleh ibu dan sodara2nya. Aku yang bingung gak bisa ngapa2in cuman duduk di depan tirai sambil memanjatkan doa. Beberapa menit kemudian tetangga2 datang melayat bergantian. Aku duduk sendirian lagi di depan tirai. Akhirnya aku beranikan diri masuk dan duduk di samping ibu.
Yahh, semuanya udah lewat. Aku juga nyesal kenapa aku gak cium tangan beliau waktu mau pulang kemarin malam. Tapi, keadaannya gak memungkinkan.
Tanggal 22 Agustus 2013 Kamis, aku n’ mama datang buat melayat. Untung aja kami datang tepat waktu. Klo gak jenazah udah dibawa ke TPU. Alhamdulillah..
Popeye, kok kita sama siiih.. sama2 kehilangan. Aku kehilangan Angah di hari Selasa, sedangkan kamu kehilangan nini di hari Rabu. Tapi bedanya kamu gak bisa menghadirin pemakaman nini. Gak papa, yankk... Yang penting kamu ikhlas n’udah saling maaf2an. Hayoook, semangat. Gak usah sedih lagi.

Mudah2an almarhum Angahku n’nini diterima di sisi-Nya. Semua amal ibadahnya diterima juga dilebarkan kuburannya.. Pokoknya yang terbaik dahh. Amiiiinn..



Thanks to husband’s camdig “KODAK”

You May Also Like

0 comments

Leave a comment here n let's be friend :)
(follow for follow)